Cara Flash Ulang Xiaomi Redmi 3 Yang Bootloop, Hardbrick dan Softbrick

Cara Flash Ulang Xiaomi Redmi 3 Yang Bootloop, Hardbrick dan Softbrick - Bootloop merupakan hal yang sangat wajar dalam dunia gadget android. Penyebab bootloop sangat kompleks mulai dari prosess rooting yang salah, kesalahan pengguna yang secara tidak sengaja menghapus file system ataupun kebanyakan aplikasi yang membuat android menjadi lemot. Pada beberapa kasus yang sering saya temui adalah terjadinya salah rooting dan android yang lemot. Dan pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas bootloop itu apa, tapi akan saya jelaskan bagaimana cara menangani Xiaomi Redmi 3 yang bootloop.

Mungkin bagi sebagian orang mengalami bootloop adalah hal yang sangat mengerikan apalagi hal tersebut terjadi pada HP/Gadget yang baterainya non-removable seperti Redmi 3 ini. Tapi tenang di Droid Play ini hal semacam bootloop akan dibuat menjadi hal yang menyenangkan dalam kehidupan anda. Cara berikut ini dapat digunakan pula untuk Xiaomi Redmi 3 yang mengalami Hardbirck dan softbrick. Step yang pertama ketika HP anda mengalami bootloop adalah tetap tenang, pahami spesifikasinya terlebih dahulu kalau HP anda tidak menggunakan Chipset Mediatek berarti anda tidak bisa Flashing menggunakan SP Flash Tools dan kalaupun bisa itu kemungkinannya kecil.

Step yang kedua silahkan download beberapa file dibawah ini yang wajib anda gunakan untuk proses flashing.
  1. Aplikasi Mi Flash Klik disini
  2. Stock Rom Redmi 3 disini (saya pilihkan Rom Global Stable supaya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari)
  3. PC/Laptop dengan OS windows 64 bit (tidak ditanggung apabila menggunakan Windows 32bit)
  4. Redmi 3 yang bootloop beserta kabel USB
Step ketiga adalah Proses Flashing Rom, tolong ikuti langkah-langkah berikut secara urut dan tepat, saya jamin akan berhasil. Oke langsung saja :
  • Extract dan Install Aplikasi MiFlash yang sudah di download tadi. Nanti secara otomatis driver dari Device Xiaomi akan terinstall. Jika sudah terinstall kemudian jalankan Aplikasi MiFlash dan run as administrator.
  • Extract File Stock Rom Redmi 3 yang sudah di download kedalam drive D/E jangan di dalam folder. Setelah di extract file tadi harusnya berekstensi ".tgz" jika ekstensinya berbeda semisal ".gz" atau yang lain ganti nama ekstensinya terlebih dahulu dengan cara di rename. Setelah filenya berekstensi ".tgz" maka selanjutnya extract kembali file berekstensi ".tgz" tadi. Sehingga muncul beberapa file dan folder seperti boot.img dan lain-lain
  • Pindah ke smartphone Redmi 3, matikan redmi 3 kemudian masuk ke mode fastboot dengan cara menekan "Tombol Power + Volume Down", jika Redmi 3 dalam keadaan bootloop dan bolak-balik ke logo maka tekan tombol power sampai Redmi 3 dalam keadaan mati atau jika tidka berhasil dan masih bolak balik di logo tekan saja "Tombol Power + Volume Down" dalam keadaan bootloop.
 
  • Sambungkan redmi 3 menggunakan kabel USB bawaan Redmi 3, tidak disarankan menggunakan selain dari Redmi 3.
  • Setting Aplikasi pada MiFlash sesuai dengan urutan warna oval pada gambar.
-Warna Kuning :  Salin tempat dimana Extract File Stock Rom tadi dan Pastekan di tab MiFlash yang berwarna kuning.
-Warna Merah : Klik Refresh sampai aplikasi MiFlash mendeteksi HP Redmi 3 anda.
-Warna Ungu : Pastikan yang terpilih adalah Flash All except storage, ini akan membuat Redmi 3 anda di flash tapi sorage internalnya tidak terhapus.
-Warna Hijau : Jika semua step diatas sudah tepat maka langkah terakhir adalah Klik Flash dan tunggu sampai prosesnya berakhir, waktu yang dibutuhkan sekitar 15 Menit.
  • Jika berhasil maka akan muncul tulisan seperti ini.
  
Jika gagal coba ulangi langkah-langkahnya dan pastikan anda melakukannya sesuai dengan step by step diatas. Semoga sukses dan jadikan bootloop sebagai pengalaman bukan sebagai ketakutan.

Ikuti untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru:

0 Response to "Cara Flash Ulang Xiaomi Redmi 3 Yang Bootloop, Hardbrick dan Softbrick"

Posting Komentar